21 Nov 2011

Profil Universitas Al-Ahgaff





Universitas Al-Ahgaff


Peresmian Univesitas

Al-Ahgaff yang didirikan oleh Al Habib Mahfudz bin Abdullah Al-Haddad dan resmi berdiri serta mulai membuka proses pendidikannya setelah mendapatkan izin resmi dari pemerintah Yaman melalui ketetapan menteri pendidikan Yaman nomor : 5 tahun 1994. Dan telah terdaftar sebagai anggota persatuan universitas Arab(Ittihad Al jami’at Al Arabiyyah)


Tujuan Pendirian

Berawal dari sebuah keinginan untuk bisa menyediakan sarana pendidikan yang bonafid dan berkualitas pada masyarakat muslim dunia, pendidikan yang mampu mencetak kader insan yang mempuni dalam segala aspek kehidupan dan menanamkan ruh Islami serta akidah yang benar dalam pribadi pelajarnya.

Letak Geografis

Universitas Al-Ahgaff berpusat dikota Mukalla ibu kota propinsi Hadhralmaut Republik Yaman.Segenap komponen yang dimiliki oleh Al-Ahgaff, seperti fakultas-fakultasnya, language center atau sekolah persiapan bagi mahasiswa baru, dan gedung rektor sebagai pengendali utama kebijakan-kebijakannya semua berada di kota yang berada diujung semenanjung Arab ini. Hanya fakultas Syari’ah walqanun saja yang berada di kota Tarim, hal ini sengaja dilakukan guna terwujudnya pendidikan syari’ah yang tidak berpusat di bangku sekolah belaka, tetapi perlu adanya pengkombinasian metode pendidikan melalui bi’ah (lingkungan), mengingat kota Tarim terkenal sebagai kota ilmu dan ulama. Kota Tarim sendiri terletak sekitar kurang lebih 300 km dari ibu kota propinsi, sedangkan untuk mahasiswi Indonesia pada Fakultas Putri jurusan Dirasah Islamiah tetap mengikut induknya di kota Mukalla.

Alasan lain ditempatkannya fakultas Syari’ah walqanun terpisah dengan induknya diantarnya adalah faktor kultur sosial kemasyarakatan kota ini yang sangat mendukung untuk dijadikan sebagai tempat bertafaqquh fid dien. Juga kerena faktor sejarah, yang telah mendorong ditempatkannya fakulas ini dikota Tarim. Sebab sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa dari sinilah Islam dibeberapa belahan dunia (seperti Asia dan Afrika) bisa menyebar dan berkembang dengan pesat berkat kegigihan dan keikhlasan para tokohnya dalam berda’wah menyebarkan Islam.

Metode Pengajaran

Metode pengajaran yang ditetapkan oleh Universitas Al-Ahgaff selama ini adalah sistem semester, jenjang pendidikan yang terdiri dari sepuluh semester dan bisa ditempuh minimal selama lima tahun, dan maksimal selama tujuh tahun (untuk fakultas sya’riah walqanun, fakultas Sastra, Serta fakultas kajian Islam) dan delapan tahun (untuk fakultas Tehnik, Fakultas Ekonomi, serta Fakultas Ilmu dan Teknologi). Dan perlu diketahui bahwa Universitas yang berlambangkan mesjid Umar Muhdhar ini telah membuka program pasca sarjana dijurusan syari’at dan jurusan sastra bahasa Arab. Dan kepada pelajar Indonesia hanya diarahkan kepada:
1. Fakultas Syari’ah walqanun untuk para mahasiswanya
2. Fakultas Putri jurusan Dirasah Islamiah untuk para mahasiswinya

Untuk menghindari ketidak seriusan mahasiswanya dalam belajar, juga dalam rangka menjaga mutu serta kualitas keilmuan alumninya, maka Al-Ahgaff menerapkan sistem absensi pada setiap mata kuliah. Dimana ketidak hadiran mahasiswa pada satu mata kuliah itu akan sangat mempengaruhi kelulusan mata kuliah tersebut. Dalam prosentasi absen, mahasiswa yang tidak hadir melebihi batas 10% dari jam materi akan dianggap gagal dalam materi tersebut . Mungkin inilah yang salah satu ciri khas tersendiri dari Universitas Al-Ahgaff yang sama sekali tidak memperbolehkan mahasiswanya berintisab (hanya hadir pada waktu ujian saja). Dan selain itu yang membedakan Universitas ini dengan universitas-universitas yang ada dibelahan dunia adalah system penilaian dan kenaikan tingkat menurut hasil tiap mata kuliah ditiap semester dari hasil penggabungan nilai ujian akhir dan dua kali nilai ujian penyaringan (syahr awwal dan syahr tsani).

Waktu Kuliah

Waktu kuliahnya adalah setiap hari selain hari jum’at, dimulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 01.00 siang dari peket mata kuliah yang sudah ditentukan oleh pihak kuliah. Dan terkadang jadwaal kuliah membengkak sampai sore hari atau malam hari menurut kondisi.

Bahasa Pengantar Kuliah

Adapun bahasa pengantar yang digunakan pada setiap kuliahnya adalah bahasa Arab. Dan ini bukan satu-satunya bahasa yang boleh digunakan di universitas ini, sebab Majelis Universitas sebagai dewan tertinggi diAl-Ahgaff mempunyai kewenangan untuk menerapkan selain bahasa Arab pada sebagian mata kuliah selain ilmu agama, beberapa meteri pelajaran menggunakan bahasa Inggris.

Profil Fakultas Syari’ah walqanun Serta Fakultas Putri Jurusan Dirasah Islamiah

a. Fakultas Syari’ah dan Hukum

Fakultas Syari’ah dan Hukum adalah salah satu Fakultas yang ada di Universitas Al-Ahgaff yang ditempatkan disebuah kota ulama dan Ilmu Tarim, Universitas Al-Ahgaff dengan fakultas Syari’ah dan Hukumnya telah mencoba memelihara dan menggabungkan tradisi salaf dan khalaf.


1. Mata Kuliah Fakultas Syari’ah dan Hukum

Secara umum mata kuliah fakultas ini didominasi oleh pelajaran-pelajaran agama, walaupun disini dikaji pula tentang ilmu hukum (hukum-hukum yang berlaku dan diterapkan di Republik Yaman). Prosentasi antara kajian syari’ah dan kajian hukum difakultas ini mungkin sekitar 70 persen syari’ah dan 30 persen hukum. Dan mahasiswa juga mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan komputer.

Diantara disiplin ilmu syari’ah yang dikaji disini adalah : Fiqh Madzhabi, Fiqh Perbandingan, Ushul Fiqh, Tareh Tasyri’, Ahwal Syahsiyyah, Ulumul Qur’an, Maqashid Syari’ah, Ayat Ahkam, Hadist Ahkam, Nahwu, Lughat Arabiah, Mantiq, Balaghah dan lain sebagainya.
Kemudian diantara fan hukum yang dikaji difakultas ini adalah : Madkhal Qanun, Qanun Madany, Qanun Uqubat, Qanun Iltizamat, Qanun Dustury, Qanun Dauly, Qanun Murafa’at, dan lain sebagainya.
Selain itu, difakultas ini juga dikaji beberapa disiplin ilmu yang erat hubungannya dengan dua disiplin ilmu tadi, diantaranya adalah :Iqtishod Islami (ekonomi Islam), Al Uqud Al Musammah, Al Maliyyah al Ammah yang mengupas tentang ekonomi dan keuangan menurut kaca mata Islam dan Ushul Bahats yang membahas tentang tata cara menulis karya tulis ilmiah, sebagai bekal para mahasiswanya untuk dapat menulis dengan baik serta berbobot.
Dan juga fakultas syari’ah walqanun Universitas Al-Ahgaff bukan hanya sebatas mengkaji dan memahami seluk beluk agama dan ilmu-ilmu yang terkait dengan syari’ah dan hukum. Akan tetapi lebih dari itu, sebab faktor amaliyah pun di fakultas ini sangat ditekankan dan diperhatikan oleh para pemangkunya. Ini juga jelas sangat erat hubungannya dengan kondisi kota Tarim dimana fakultas ini berada yang masih belum terpolusi oleh kebudayaan-kebudayaan non Islami. Sehingga yang selama ini dirasakan oleh para mahasiswanya adalah ketenangan jasmani dan rohani yang benar-benar tak pernah ditemukan di universitas-universitas lain.
Nama-nama kitab yang menjadi iltizam disetiap tingkatan.
 Mustawa awal-Semester satu .
Ru'us masa'il (Yaaquut al-nafiis\ibadat dan mu'amalat), Nahu (Mutammimah), Aqidah (Duruus al-tauhid), Qur'an (syapawi qira'at abi amar riwayat duri) dan tajwid (Pann al-tajwid, Mantiq (Iidhaahul-mubham), Lughat arabiah (Imla' wa al-tarqiim dan imla' dari dosen), Madkhal qanun, Tarikh tasyri' (Tarikh al-tasyri' susunan doktor Ali thaha rayyan).
 Mustawa awal-semester tsani.
Ru'us masa'il (Yaaquut al-nafiis\munakahat dan jinayat), Fiqih madzhabi\ibadat (Minhaaj al-thalibin\ibadat), Nahu (Syarh ibnu aqil), Qur'an dan tajwid (menyambung semester satu), Ulum qur'an (Mabaahist fii ulumil-qur'an susunan Manna' al-qattan), Musthalah hadits (Al-taqriib al-nawawi).
 Mustawa tsani-semester tiga.
 Fiqih madzhabi\mu'amalat (Minhaaj al-thalibin\mu'amalat), Usul fiqih (Madkhal fii usul fiqh susunan Abdullah aslam al-syanqithi), Nahu (Syarh ibnu aqil mulai bab ibtida'), Qur'an dan ulum qira'at (Raudhah al-jannaat fii ulum al-qiraa'aat), Fiqih syirah (fiqh al-syirah susunan Muhammad sa'id ramadhan al-buthi), ekonomi islam (Al-nidjam fii al-iqtishad al-islami).
 Mustawa tsani-semester empat.
Fiqih madzhabi\mnakahat (Minhaaj a-thalibin\munakahat), Usul fiqih (Lubbul-usul mulai muqaddimah), Nahu (Syarh ibnu aqil mulai maf'uul bih), Qur'an dan ulum qira'at (menyambng semester tiga), Ayat ahkam (Ayaat al-ahkaam susunan sa'is), ahadits ahkam (Subuulus-salaam syarh bulugul-maraam), qanun pidana ( Syarh qanuun al-jaraa'im wa al-uqubaat).
 Mustawa tsaalis-semester lima
Fiqih madzhabi\jinayat (Minhaaj al-thalibin\jinayat), Usul fiqih (Lubbul-usul mulai kitab awal), Faraidh (Takmilah zubdah al-hadits fii fiqh al-mawaariist), Nahu (Syarh ibnu aqil mulai syifat musyabbahah bil-fi'li), Ayat ahkam (Ayaat al-ahkaam mulai surat aali imraan), ahadits ahkam (Subuulus-salaaam mulai kitab syarat-syarat shalat).
 Mustawa tsaalis-semester enam.
Fiqih muqaaran (susunan dari dosen), Usul fiqih (Lubbul-usul mulai bab al-aam (العام), Nahu (Syarh ibnu aqil mulai nun taukid), Ayat ahkam (Ayaat al-ahkaam), ahadis ahkam (Subuulus-salaam mulai bab jum'at), qanun iltizamat.
 Mustawa raabi'
Fiqih muqaaran, Usul fiqih (lubbul-usul mulai bab qiyaas), Nahu dan sharaf (Syarh ibnu aqil), Ayat ahkam, ahadits ahkam,qanun maliah, haasuub (komputer), usul bahst,
Balagah (susunan dari dosen), qawa'id fiqhiah (susunan dari dosen), Maqasid syariah (susunan dari dosen), Ahwal syahsyiah, Uquud musammah, Qanun murafa'at, Qanun dustuur, Nidjam-nidjam siyaasi, Bahst taharruj (skripsi),

2. Para Dosen Fakultas Syari’ah wal qanun

Diantara para dosen pengajar dan masyayikh yang masih aktif mencurahkan darma baktinya di Fakultas Syari’ah wal qanun Universitas Al-Ahgaff adalah:
1. Syekh Muhammad bin Bashri Al-Segaf
2. Syekh Muhammad Ali Baaudhan
3. DR. Amjad Rosyid Al-Maqdisi
4. Syekh Muhammad Ali Al-Khotib
5. Syekh Ismail Al-Syinqity
6. Syekh Ahmad Bin Salim Bin Aqil
7. Syekh Muhammad Abdul Qadier Al-Aiderus, MA.
8. Syekh Abdullah Abdul Qadier Al-Aiderus, MA.
9. Syekh Alwi Abdul Qadier Al-Aiderus, MA.
10. Syekh Abdurrahman Thoha Al-Habsy, MA.

Dan masih banyak lagi cendikiawan Islam lainnya yang yang berasal dari penjuru jazirah Arab seperti Irak, Sudan, Yordania, maupun luar Arab seperti Kanada, Cina, India dan Indonesia.

b. Fakultas Putri jurusan dirasah Islamiah

Fakultas putri adalah salah satu fakultas di dalam Universitas Al-Ahgaff di jurusan ilmu-ilmu keislaman dirasah Islamiah. Para mahasiswi dibekali berbagai ilmu keislaman yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga dapat menjadi wanita yang berwawasan keislaman yang kuat.

 Mata Kuliah Fakultas Putri jurusan dirasah Islamiah
a. Fiqh m. Sirah
b. Nahwu n. Balagah
c. Tilawah dan Tajwid o. Ayatul Ahkam
d. Tadbir Manzily p. Ahaditsul Ahkam
e. Madhkal ila ‘ilmi nafs q. Ushul fiqh
f. Ulumul Qur’an r. Manahij Bahast
g. Tareh Tasyri’ s. Turuku tadris
h. Usul Tarbiah t. Suluk
i. Tafsir u. Komputer
j. Dirasah khasah v. Skripsi
k. Manahij wa Asalib w. Praktek lapangan
l. Musthalahal Hadist

Syarat-Syarat Penerimaan Mahasiswa Baru

1. Lulus SMU atau sederajat dengan nilai rata-rata 7,5 (Ijazah) atau 7,0 (NEM)
2. Melunasi keuangan pendaftaran dan biaya kuliah sesuai yang telah ditentukan pihak Universitas
3. Menitipkan uang tiket untuk pulang
4. Mengisi formulir yang tersedia
5. Menandatangani beberapa surat perjanjian
6. Menyerahkan fotocofi ijazah yang telah dilegalisir dan diterjemahkan kedalam bahasa Arab serta mendapatkan rekomendasi dari kedutaan Yaman
7. Menyerahkan surat tanda pengenal (paspor atau kartu pengenal)
8. Menyerahkan pas foto berwarna yang terbaru berukuran 4x6 sebanyak 15 lembar
9. Surat keterangan Dokter bebas dari penyakit (hepatitis B dan aids)
10. Lulus ujian dalam materi bahasa Arab dan fiqh
11. bersedia masuk persiapan minimal 1 (satu) tahun
12. Menyerahkan surat keterangan dari guru pembimbing (Sekolah)
13. Surat izin dari orang tua

Penutup

Setelah meninggalnya pimpinan badan wakaf Universitas Al-Ahgaff, Al-Habib Muhammad bin Ahmad Al-Syatiri, estafet kepemimpinan rector kuliah kemudian berpindah ke Prof. Abdullah bin Muhammad Baharun, MA. Dibantu dosen-dosen senior dan para masyayikh.
Para ulama’ dengan gigihnya mengembangkan dan mensejahterakan anak didiknya tanpa mengharapkan imbalan apapun.
Dimasa umurnya yang menginjak lima tahunan ini, Universitas Al-Ahgaff mulai mengembangkan sayapnya ke mancanegara. Kemajuan ini diiringi dengan bertambahnya jumlah mahasiswa yang menimba ilmu disini, baik dari dalam negeri atau luar negeri Yaman. Al-Ahgaff mungkin bisa berbangga diri, kerena Universitas swasta ini mampu menunjukan kredibilitas pendidikannya dengan keluarnya beberapa alumnus mahasiswa Indonesia yang membawa keberhasilan da’wah mereka ditanah air.
Ibarat menanam tunas akan menuai hasilnya, Al-Ahgaff kini boleh tersenyum atas jerih payahnya selama ini. Semoga Allah SWT membalas jasa baik mereka yang telah membangun dan mewujudkan Universitas Al-Ahgaff sebagai universitas yang hanya beroreantasi pada pendidikan.

Hal-Hal Lain

 Untuk mengenal lebih jauh tentang Universitas Al-Ahgaff, bisa hubungi:
Al-Habib Hasan Al-Jufri
 Komplek pondok pesantren Jagasatru Cirebon 45115
 Telp/Fax : (0062)(231)237620
 Hp : (0062)8122212000
 E-mail : hasanaljufri@yahoo.com
  hasanaljufri@maktoob.com
 Alamat Universitas Al-Ahgaff:
Fuah-Mukalla-Hadramout-Republic of Yemen-P.O.Box: 50341
 Telp : (00967)(5)304145
 Fax : (00967)(5)305881/354342
 Web Side : www.ahgaff.edu
(Hasil karya: anak anak Ikatan Daarul Rahman di Yaman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar