12 Nov 2011

LIBURAN IED EL ADHA






Hmmm mungkin jauh dari keluarga pada saat hari idul adha sudah tidak asing lagi bagi kita sebagai alumni daarul rahman yang sedang mengemban tugas agama dalam memperdalam ilmu di negri para wali ini. Toh ketika kami masih belajar di pesantren pun kami biasa merayakan hari raya idul adha di kawasan pondok tercinta.

Akan tetapi jelas terdapat perbedaan yang lumayan cukup banyak dalam proses memeriahkan perayaan tersebut. Ketika kami di pondok dulu kami merayakan malam hari raya idul adha dengan melaksanakan takbir keliling menggunakan obor, rasanya indah sekali masa-masa saat itu, dimana kita bersama-sama mengumandangkan gema takbir bersama sebagai wujud syi'ar kita akan indahnya agama yang kita yakini adalah yang benar, dan juga sebagai wujud rasa suka cita kita akan datangnya hari raya akbar dalam agama islam ini. Akan tetapi semua kenangan-kenangan tersebut tidak dapat kami dapatkan di tempat kami sekarang menuntut ilmu, masyarakat di sini memiliki adat yang berbeda dengan kita, akan tetapi bukan berarti mereka benci dengan ihyaau laailatil 'ied, mereka mempunyai cara tersendiri dalam menghidupkan malam 'ied tersebut, ada yang melakukanya dengan cara beri'tikaf di masjid sambil melakukan khatam quran dan mengumandangkan gema takbir, ada pula yang melakukan hal rersebut di rumah masing-masing bersama keluarga. Suana malam 'ied di sini kami rasakan sangat sepi sekali, sangat beda sekali dengan suasana di indonesia.

Kemudian saat perayaan hari 'ied di sini kami pun pelajar Indonesia mempunyai cara tersendiri dalam merayakanya. Biasanya pengururus persatuan mahasiswa universitas Al ahgaff sendiri mengadakan beberapa acara guna memeriahkan hari besar islam di sini, juga sebagai sarana pengisi kegiatan kami selama liburan ( maklum kita kebetulan di sini kalo idul adha mendapatkan jatah liburan yg lumayan cukup lama yaitu sekitarr 2 mingguan lah berbeda dengan di indonesia yang hanya di beri jatah liburan yang ckup sdikit hehe ).
Ada beberapa kegiatan yang di adakan oleh organisasi mahasiswa di sini yang biasa di singkat ''AMI", seperti kegiatan perlombaan dengan kategori yang berbeda-beda. Ada lomba kaligrafi, sepak bola dll. Ada juga kegiatan keilmuan yaitu berupa kursus ilmu falaq yang dapat kami ikuti selama liburan iedul adha tahun ini.  Dan bagi teman-teman di sini yang memiliki hobi rihlah ( jalan-jalan ), kegiatan itu pun di adakan saat liburan ini yang mungkin nanti kami bisa ceritakan ceritanya di artikel khusus.

Hmmmmmm oiya selain pengurus AMI, kami pun terlibat dalam suatu organisasai konsulat seperti yang ada di pondok itu loooh, hanya saja cakupan kepengurusan di sini lebih luas di bandingkan dengan di pondok. Dalam memeriahkan hari raya idu fitri ini biasanya setiap persatuan daerah memiliki kegiatan masing-masing, seperti melakukan kumpulan halal bihalal yang biasa di adakan di masbah ( kolam renang ) yang biasa di sediakan untuk acara-acara seperti itu, biasanya setiap organisasi konsulat menyewa masbah tersebut selama setengah hari full, senang-senang deh kita disana sambil berenang dan menyantap daging kurban heheh. 

Mungkin hanya itu informasi yang dapat kami bagi tentang kegiatan kami di sini ketika merayakan hari raya idul adha, dan mungkin nanti kalo ada kesempatan kita sambung lagi yaaaaa.
Kami mohon maaf ya kalo ada beberapa kesalahan dalam tulisan ini, and kami harap semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua............
Wassalaam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar