8 Nov 2011

ILMUAN-ILMUAN MUSLIM YANG PATUT KITA BANGGAKAN



      Umat islam sekarang ini kita sadari ataupun tidak kita sadari sudah mulai kehilangan percaya diri dalam dunia keilmuan modern, kita mungkin sekarang lebih senang mengidolakan dan membangga-banggakan ilmuwan-ilmuan barat yang sudah kita anggap bahwa mereka adalah orang-orang yang telah berjasa dalam kehidupan kita. Apakah kita semua sudah lupa bahwa sejarah keilmuan sepanjang masa didunia ini? Apakah kita sudah lupa bahwa ketika islam mencapai kejayaanya pada waktu itu dengan peradabanya yang sangat cemerlang, di mana pada saat itu pula bangsa barat di belahan bumi yang lain sana masih mengalami suramnya kehidupan, di mana ilmu pengetahuan di sana pada saat itu tidak bisa berkembang seperti berkembangnya ilmu di bawah otoritas khilafah islamiyah. Ilmu pengetahuan amat sangat di batasi oleh oteritas lembaga gereja yang sedang berkuasa pada saat itu.

Keilmuan islam pada waktu itu jauh sekali berada diatas bangsa lainya. Banyak sekali ilmuan-ilmuan muslim pada masa itu yang menelurkan mutiara-mutiara berharga yang amat sangat bermanfaat bagi perkembangan tsaqafah kehidupan manusia hingga saat ini.
Banyak sekali ilmuan-ilmuan cerdas muslim yang menjadi pencetus keilmuan modern sekarang ini. Karena kecerdasan yang mereka miliki, mereka mampu menciptakan banyak sekali penemuan-penemuan yang sampai sekarang masih di gunakan oleh umat manusia, dan dalam proses penyebaran ilmu yang mereka miliki ke seluruh penjuru dunia, mereka mampu mengarang berjilid-jilid kitab yang mungkin sampai sekarang masih di jadikan rujukan-rujukan utama yang masih otentik. Sebut saja ibnu sina seorang ilmuan muslim yang terkenal dengan julukan bapak pengobatan modern, beliau telah mengarang kurang lebih 450 karangan buku yang menyangkut ilmu kedokteran dan filsafat.

     Kemudian khawarizmi seorang matematikawan muslim berasal dari persia yang pertama kali menemukan aljabar, di mana kata aljabar tersebut di ambil dari judul risalhnya yang di namai ''Aljabar wal mugabala'' suatu kitab yang berisikan tentang perintah aljabar yang merupakan sistem pemersatu bilangan rasional, bilangan irasional, dan magnitudo geometris. Ia juga merupakan orang yang pertama kali mengenalkan konsep meningkatkan kekuatan angka dan penemu angka nol.

      Dan juga ada seorang dokter muslim terkenal yang dapat mengenalkan tata cara membedah yang ia bukukan dalam ensiklopedianya yang mempunyai tebal sebanyak 1500 halaman, yang telah menjadi referensi kedokteran di eropa selama 500 tahun, dialah seorang ilmuan muslim bernama Azzhrawi.

     Dan masih banyak lagi ilmuan-ilmuan muslim yang telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam kemajuan peradaban manusia. Merekalah ilmuan-ilmuan yang tidak pernah kita lupakan, Merekalah ilmuan-ilmuan yang lebih berhak untuk kita banggakan dan kita jadikan sebagai tauladadan dalam mencari ilmu. Kita ini umat islam adalah suatu umat yang besar yang pernah mencapai pada suatu titik kejayaan, mengapa kita sekarang ini seperti suatu umat yang kelihangan identitasnya sehingga kita tidak lagi percaya diri akan kehebatan yang sebenarnya sudah pernah kita miliki? Mengapa kita sekarang ini lebih suka bersembunyi dibalik identitas umat lain yang blum tentu lebih baik dari kita?
Kita harus bangun kembali kesadaran kita akan kebenaran agama yang telah di perjuangkan oleh nabi kita Muhamad Saw beserta para keluarga dan sahabat-sahabatnya, dengan harapan suatu hari nanti, kita ataupun cucu kita dapat mengulang kembali sejarah islam dalam merenggut sustu kejayaan......
Semoga Allah selalu memberikan kita taufiq dan hidayahnya sehingga kita dapat menentukan mana yang dan mana yang bathil. Amien....
Amiin yaaa rabb.....

Oleh : Ahmad Zaki Angkatan 29 Daarul Rahman    

2 komentar: