27 Nov 2011

TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARROM 1433 H.


Rasanya baru kemarin kita merasakan keindahan dan kesedihan tahun 1432 H.  Tapi sekarang kita harus meninggalkan kenangan itu  dan membuka kembali  lembaran baru di tahun baru islam 1433 H. Begitulah struktur organisasi dunia yang Allah aza wajalla ciptakan dengan segala keindahan siang dan malamnya, tawa dan dukanya, serta canda dan tangisnya sebagaimana di tegaskan dalam firmannya : "Dan itulah hari harimu yang kami putarkan diantara para manusia".
Islam adalah ajaran yang mengatur semua ranah hidup manusia dengan berbagai macam aktifitasnya maka dalam penyambutan hari hari besar seperti : dua hari raya,isra mi’roj,maulid Nabi besar  Muhammad  alaihi sholatu wa salam, awal atau akhir  tahun dan momentum lainnya islam selalu memberikan tuntunan baik  ritual atau non ritual agar setiap pemeluknya  tidak salah melangkah dalam mengarungi  bahtera kehidupan yang  begitu  luas dan dalam.
Diantara tuntunan islam dalam penyambutan awal dan akhir tahun kami kutipkan dari kitab “kanzunajah wa surur” karangan ulama Makkah bernama Abdul hamid qudus,beliau menyebutkan :
1.Di riwayatkan dari sayidah Hafshoh binti Umar radiyallahu anha istri Nabi SAW : seorang yang melaksanakan puasa pada akhir hari dzulhijjah dan pada awal muharoom maka Allah berikan kepadanya pahala puasa 50 tahun.
2.imam gozali dalam kitab ihya ulumiddinnya meriwayatkan hadits : orang yang puasa tiga hari di bulan muharrom(kamis,jum’at,sabtu) maka Allah katagorikan ia sebagai ibadah 700 tahun lamanya . 
3.Membaca do’a awal dan akhir tahun diawali dengan bismilah dan ayat kursi dibaca 360 kali (untuk do’a  awal dan akhir tahunnya bisa anda baca di kumpulan do’a harian).
4.Disebutkan dalam kitab “Na’tul bidayat karangan sayyid asyyarif maul ainaini” bahwa bagi siapa yang menulis basmalah pada awal bulan muharoom maka ia akan terhindar dari hal hal yang tidak di inginkan baik bagi dirinya ataupun keluarganya bahkan ketika ia menghadapi penguasa yang dzolim ia akan terhindar dari ke laliman penguasa itu.
5.Membaca do’a “ya muhawwilal ahwal hawwil ahwalana wal muslimin ila ahsanil haal,bi haulika wa quwwatika ya ‘aziiz ya muta’aal wa sholallahu ala sayidina Muhammad wa ala alihi wa sohbihi wasalam”.
Dan banyak lagi faidah faidah yang lainnya,kiranya tulisan singkat ini menjadi awal pembuka tahun 1433 H untuk bisa melangkah ke jalan yang lebih baik dan di ridoi..amien
KAMI SEGENAP ALUMNI DARUL RAHMAN DI YAMAN MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1433 H.  SEMOGA TAHUN INI ALLAH JADIKAN AWAL  LANGKAH KITA MEMBELA AGAMA DAN SUNNAH ROSUL-NYA. 

2 komentar:

  1. 2.imam gozali dalam kitab ihya ulumiddinnya meriwayatkan hadits : orang yang puasa tiga hari di bulan ""harom""(kamis,jum’at,sabtu) maka Allah katagorikan ia sebagai ibadah 700 tahun lamanya .

    Maksudnya bulan muharrom x
    assalamualaikum
    blog ini siapa yang ngurus?
    salam kenal saya RiMuTho alumnus DR

    BalasHapus
  2. hehehe afwan salah ketik
    trimaksih atas perhatianya....
    btw antum alumnus angkatan berapa??

    BalasHapus